Posted by: nsrupidara | January 5, 2009

Sydney Puanas Sekali

Memang ini lagi summer, jadi kalau temperatur udara di Sydney naik ya wajar. Namun, hari ini terasa panas sekali. Padahal, kalau baru sekitar 29 derajad celcius, kan biasa tuh dibanding kota-kota di Indonesia. Betul sekali. Namun, teriknya matahari yang serasa persis di atas kepala membuat yang rasanya biasa jadi tidak biasa. Lagipula, beberapa hari kemarin udara sempat turun di kisaran 20-23 derajad, jadi ketika naik lagi hingga 29 ya pecah kepala jadinya. Padahal, besok akan lebih panas lagi, sekitar 31-34 derajad. Alamak! Di beberapa west suburbs seperti Richmond, Liverpool, dan Penrith bahkan diperkirakan akan 39 hingga 41, bayangkan! Dan, lusa (rabu 7 Jan) juga akan cenderung sama dengan besok (selasa 6 Jan). Bakal tersiksa nih.

Suhu seperti ini bukan baru tahun ini.  Di tahun 1939, Sydney mencatat record suhu tertinggi, 45.3 derajad, gila. Namun, banyak pihak menglaim perubahan iklim telah mengakibatkan kecenderungan menaiknya temperatur rata-rata. Saya sih berharap record 1939 tidak akan dipecahkan tahun ini atau tahun-tahun berikutnya. Namun, isu perubahan iklim perlu disikapi serius, termasuk pada tingkat individu. Kebiasaan-kebiasaan dan cara pikir yang tidak bersahabat dengan alam perlu diperbaiki. Moga-moga alam masih mau bersahabat dengan kita.

Advertisements

Responses

  1. Minggu ini akan menjadi minggu terpanas, secara rata-rata. 6 dari 7 hari dalam minggu ini telah dan akan mencatat temperature di atas 30 derajad Celcius. Hari ini (Rabu 21 Januari) tercatat 35 derajad untuk Sydney kota, dengan rata-rata sekitar 37 derajad untuk keseluruhan wilayah negara bagian New South Wales. Besok dan lusa akan naik menjadi 36 dan turun lagi 35, tapi secara rata-rata kemungkinan sama, walau di suburbs tertentu kemungkinan akan mencapai 39 hingga 40.

    Lazimnya, jika hari panas seperti itu, mall-mall akan ramai. Kan, mall biasanya ber-AC jadi orang ber-adem ria di mall. Dengan begitu, lalu lintas orang yang bersliweran di mall-mall akan meningkat tajam dibanding hari biasa. Daerah yang juga ramai kalo panas yakni pantai-pantai. Sydney dan sekitarnya merupakan wilayah dengan banyak pantai serta berbudaya pantai. Jadi, bisa dimengerti jika orang lari ke pantai untuk berjemur sekaligus berendam. Sama juga dengan kolam-kolam renang, akan lebih banyak pengunjungnya. Mereka yang punya kolam renang permanen atau portable cukup berendam di rumah sendiri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: