Posted by: nsrupidara | January 5, 2009

Fireworks Menghiasi Malam Tahun Baru di Sydney Harbour

Telah menjadi tradisi mengakhiri tahun berjalan dan memasuki tahun baru, warga sydney disuguhi pertunjukan kembang api (fireworks) di udara di seputar Sydney Harbour dan Darling Harbour.  Lokasi utama adalah jembatan di Sydney Harbour yang sangat kesohor dengan nama Harbour Bridge. Namun, peluncuran kembang api ke udara dilakukan di sejumlah lokasi di sekitar Harbour Bridge, seperti Opera House sampai Darling Harbour di daerah belakangnya.

Tahun ini, pesta kembang api di malam tahun baru itu disebut sebagai terdahsyat, dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dananya saja katanya mencapai 5 juta dolar Australia. Di bawah tema ‘Creation’, Sydney fireworks 2008 ini bukan saja menjadi yang terdahsyat, mestinya juga terindah. Coba lihat beberapa foto di bawah menunjukkan cantiknya suasana malam tahun baru dan pesta kembang api di Sydney Harbour itu.

sydney-fireworks7 sydney-fireworks6 sydney-fireworks51

Tidak mau ketinggalan moment penting itu, kami sekeluarga (saya, Nelsy, dan Nike) sebelum tengah hari meninggalkan tempat tinggal kami menuju ke Balmain, sebuah suburb seberang Sydney Harbour di mana pak Willi dan bu Jenni Toisuta tinggal. Ya, kami bergabung dengan keluarga besar Toisuta untuk menyaksikan peristiwa indah itu. Di bis yang kami tumpangi dari daerah kami ke wilayah Sydney city, penuh penumpang yang sebagian besar berusia muda, mencangklong ransel atau tas lainnya, berpakaian santai karena udara yang cukup panas, dan dalam rombongan-rombongan. Rupanya warga kota Sydney dan suburbs-nya telah siap menyambut pergantian tahun dan khususnya pesta kembang api yang dikabarkan bakal dahsyat itu. Ketika bis tersebut melewati Harbour Bridge yang akan menjadi lokasi sejarah nanti malam itu, tampak di daerah Opera House sudah ada konsentrasi massa. Beberapa penumpang pun turun di halte bus yang dekat ke daerah Circular Quay di mana Opera House berada. Kami sendiri turun di Queen Victoria Building, untuk berganti bis ke Balmain. Bis ke Balmain juga penuh, sebagian oleh orang-orang yang tampaknya ingin menyaksikan fireworks dari beberapa parks di pinggir laut di Balmain.

Kami tiba di rumah pak Willi dan bu Jenni masih siang. Masih sempat makan siang dan bersantai serta menyiapkan bahan makanan untuk ‘camping’ di salah satu park di daerah pinggir teluk ini. Sekitar jam 5 kami semua meluncur ke lokasi. Jangan kaget, lokasi camping sudah di-booking sejak pagi, oleh bu Rose, adik bu Jeni. Tenda didirikan, plastik alas digelar. Ketika kami tiba, sudah ada pula satu peti berisi penuh minuman dingin, baik softdrinks, air, maupun sampanye. Ditambah makanan yang baru dibawa, lengkaplah sudah. Lokasi ditata dan makan malam siap, sambil menanti datangnya acara yang dinanti, Sydney fireworks 2008 yang dahsyat itu. Anak-anak masih sempat berseluncur di bukit kecil dengan menggunakan kardus. Rupanya meriah juga aktivitas anak-anak itu. Ada juga seorang pengunjung yang melontar kembang api udara-nya, tampaknya ia ingin itu menjadi pemanasan.

Seperti lazimnya, Sydney fireworks selalu dibagi 2 kategori. Pertama, family fireworks yang lebih menargetkan anak-anak atau keluarga yang memiliki anak kecil dan digelar persis jam 9 malam. Kedua, midnight fireworks yang terbuka bagi siapa saja, walau biasanya penyaksi-nya adalah kalangan muda dan tua, dan digelar persis jam 12 sesuai namanya. Anak-anak mungkin ada, tetapi relatif sedikit karena biasanya sudah pulang selepas family fireworks.

Jelang jam 9, tampak nyala api di sekitar Harbour Bridge. Lalu perlahan-lahar meluncur-lah kembang-kembang api ke udara dan menghiasi langit di daerah-daerah sekita Sydney Harbour dan Darling Harbour. Berbagai bentuk dan warna kembang api membuat malam menjadi bercahaya menarik di daerah perairan itu. Pesta kembang api untuk keluarga ini berlangsung sekitar 12 menit. Walau bukan sajian utama, saya tetap menilainya luar biasa dan cantik.

Selepas itu, kami berkemas-kemas pulang ke rumah pak Willi dan bu Jeni. Jalanan penuh orang, khususnya anak-anak dan keluarga yang pulang, maupun orang dewasa yang baru datang untuk mencari tempat untuk midnigh fireworks. Fenomena sosialnya pun luar biasa, dengan memerhitungkan mobilitas penduduk dalam jumlah besar dan berbaur dan mencar kembali sebelum, saat, dan setelah acara.

Tadinya saya berencana kembali lagi untuk menyaksikan acara tengah malam. Namun Nike susah diajak tidur sehingga harus ditemani dan belum tidur hingga jam 11 malam. Bu Jeni dan Nelsy akhirnya pergi sendiri, bergabung dengan bu Rose dan teman lain yang masih tetap di lokasi. Saya menemani Nike sampai tidur dan kemudian memutar TV untuk menunggu datangnya saat pesta kembang api terdahsyat itu. TV 10 menyiarkan langsung, di samping mengorganisasi pertunjukan di daerah Opera House dalam momen pergantian tahun itu. Jelang jam 12, kadang langit Sydney bergemuruh. Ini memang setting themanya, Creation, jadi ada seperti guntur dan kilat yang menghiasi momen penciptaan.

Tepat jam 12, langit Sydney Harbour kembali dihiasi kembang api dan kali ini jauh lebih dahsyat. Saya tidak bisa melihat langsung, sayang sekali. Namun, dari TV saya dimungkinkan untuk melihat dari berbagai sudut karena TV peliput ada di sejumlah tempat. Dan, memang luar biasa dan indah. Pak Willi yang tadinya sudah mau tidur ternyata turun dari kamar dan bergabung dengan saya menyaksikan fireworks tersebut di TV. Indah, memang indah, sangat indah. Nelsy yang kembali bersama bu Jeni juga menyampaikan hal yang sama. Luar biasa bagusnya. Spektakuler.

sydney-fireworks1 sydney-fireworks2 sydney-fireworks4

Untuk melihat seperti apa persis suasananya, silahkan saksikan video-video dari youtube berikut:

http://au.youtube.com/watch?v=kgBAZXpVl-E

http://au.youtube.com/watch?v=kfTBG3htPIc&feature=related

http://au.youtube.com/watch?v=vMzLthOdY4M&feature=related

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: